PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENOLONG GURU MEMILIKI SIKAP DISIPLIN WAKTU DI SEKOLAH KRISTEN DI LUBUKLINGGAU

Authors

  • Katrin Agustina Kanaf Universitas Kristen Petra
  • Magdalena Pranata Santoso Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.3.2.115-121

Keywords:

disiplin waktu, guru, peran kepala sekolah

Abstract

Disiplin waktu merupakan salah satu ketertiban yang perlu diterapkan di sekolah. Sebagai pemimpin di sekolah, Kepala sekolah menjalankan perannya dalam menolong guru memiliki sikap disiplin waktu di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam menolong guru memiliki sikap disiplin waktu pada sebuah sekolah di Sumatera Selatan. Metode kualitatif deskriptif dengan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data diterapkan dalam studi ini. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kepala sekolah sangat berperan penting di sekolah. Kepala sekolah menjalankan perannya sebagai educator, supervisor dan leader dalam menolong guru memiliki disiplin waktu dengan cara membuat strategi yang dapat melatih gurunya untuk disiplin waktu. Kepala sekolah memberikan teladan disiplin waktu terlebih dahulu sebelum menolong gurunya. Kepala Sekolah Kristen di Sumatera Selatan telah menjalankan peran ini dalam menolong gurunya memiliki sikap disiplin waktu. Peran kepala sekolah sangat penting dalam menolong guru memiliki sikap disiplin waktu.

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Kanaf, K. A., & Santoso, M. P. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENOLONG GURU MEMILIKI SIKAP DISIPLIN WAKTU DI SEKOLAH KRISTEN DI LUBUKLINGGAU. Aletheia Christian Educators Journal, 3(2), 115–121. https://doi.org/10.9744/aletheia.3.2.115-121