KEYAKINAN GURU DALAM PEMBERIAN TUGAS PROYEK

Authors

  • Yuli Christiana Yoedo Universitas Kristen Petra
  • Jhotnes Antora Claudius Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.1-7

Keywords:

Keyakinan guru, respon murid, tugas proyek

Abstract

Penelitian kualitatif ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana keyakinan guru berperan dalam pemberian tugas proyek di Kelas 2 SDTK Pelangi Kristus Surabaya. Penelitian ini juga menjelaskan kesesuaian antara keyakinan guru dengan praktiknya di kelas. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru sains yang sering memberikan tugas proyek sebagai bagian dalam proses pembelajaran. Keyakinan bisa menjadi alasan utama atas tindakan apa yang dilakukan oleh semua orang tak terkecuali guru (Bandura, 1997). Keyakinan guru mempengaruhi cara dan bentuk pembelajaran yang diberikan termasuk tugas proyek. Tugas proyek merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang materi pelajaran dengan membuat suatu karya. Dalam pembuatan tugas proyek, dukungan diberikan untuk memperlancar jalannya proses pengerjaan tugas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keyakinan guru berperan penting terhadap proses tersebut. Keyakinan guru tersebut berkaitan dengan kemampuan guru dan murid, minat murid dan kegiatan murid di luar sekolah.

Author Biography

Yuli Christiana Yoedo, Universitas Kristen Petra

SINTA ID: 6170072, GS ID: 1W5gsOoAAAAJ

References

Albert, J., Imam, S., & Jocius, R. (2019). Staying fit in space: Exploring exercise through project-based learning. Science Scope, 42(5), 62–70. https://www.jstor.org/stable/26898888

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. 1–591.

Gao, Y. (2015). Language teacher beliefs and practices: A historical review. Kent State University. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/269634374

Hafez, R. (2021). Religious education. In A. S. Cuthbert & A. Standish (Eds.), What Should Schools Teach?: Disciplines, subjects and the pursuit of truth (2nd ed., pp. 174–188). UCL Press. https://doi.org/10.2307/j.ctv14t475s.17

Hoy, A. W. (2014). Changes in teacher efficacy during the early years of teaching. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/237218148

Hidayat, I. (2007). Peranan keyakinan guru terhadap hakikat dan belajar mengajar sains dalam pengembangan profesionalisme. Cakrawala Pendidikan.

Kesidou, A. (2019). Preparing educators and researchers for multicultural/intercultural education: A greek perspective. Education for Democratic Intercultural Citizenship (Vol. 15, pp. 148–165). Retrieved from http://www.jstor.org/stable/10.1163/j.ctvrxk389.12

Lott, K., & Clark, S. (2019). Teaching teachers: No time for science? Using an integrated approach to teach science inquiry. Science and Children, 57(1), 68–73. https://www.jstor.org/stable/26901499

Mergendoller, J. R., Maxwell, N. L., & Bellisimo, Y. (2006). The effectiveness of problem-based instruction: A comparative study of instructional methods and student characteristics. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1026

Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data. https://doi.org/10.31227/osf.io/3w6qs

Pearlman, B., & Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. Retrieved from http://www.bie.org/research/study/review_of_project_based_learning_2000

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.

Smith, L. (2019). Science buddies: Physical and virtual collaboration that engages learning. Science Scope, 43(4), 28–33. https://www.jstor.org/stable/26899097

Santoso, E., & Puspitasari, D. (2023). Analisis pemikiran Abraham Kuyper dan implementasinya pada pendidikan kristen masa kini. Aletheia Christian Educators Journal, 4(2), 41-46.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yoedo, Y. C., & Puspitasari, D. (2023). Helping them to be good teachers: How community service equips pre-service teachers to teach english, JOLLT Journal of Languages and Language Teaching, 11(2), 328-337.

Zakiyah, N. A., Istiqomah, F., & Purwanti, S. (2023, July). Penerapan kegiatan proyek untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas 2 B di SD Muhammadiyah Mbs Prambanan. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Vol. 3, No. 1, pp. 1155-1160).

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Yoedo, Y. C., & Claudius, J. A. (2024). KEYAKINAN GURU DALAM PEMBERIAN TUGAS PROYEK. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.1-7

Issue

Section

Articles