PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Iman Subekti Universitas Kristen Petra
  • Yoel Kurniawan Sutanto Universitas Kristen Petra
  • Hariyanto Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.25-33

Keywords:

Google classroom, keaktifan siswa, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam Google Classroom terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas 1 di salah satu SD Kristen di Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan desain Equivalent Control Group.  Subjek penelitian ini adalah 62 siswa kelas 1 dan obyek penelitian adalah kegiatan yang berlangsung pada saat proses belajar mengajar. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik pengamatan keaktifan siswa dan tes prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan ANOVA. Hasil uji t menunjukkan nilai t-hitung sebesar 4,421 > Tt-tabel sebesar 2,000, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kelas kontrol dan eksperimen. Hasil ANOVA me­nun­juk­kan F-hitung sebesar 6,264 > F-tabel sebesar 4,001 dengan nilai signifikansi adalah 0,018 < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh keaktifan siswa dalam Google Classroom terhadap prestasi belajar Matematika. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai R square yaitu 0.178 yang berarti 17.8% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor keaktifan siswa dalam Google Classroom dan sisanya 82.2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Author Biographies

Iman Subekti, Universitas Kristen Petra

SINTA ID: 6017584, GS ID: SgvD7cgAAAAJ

Hariyanto, Universitas Kristen Petra

SINTA ID: 6018311

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Subekti, I., Sutanto, Y. K., & Hariyanto, H. (2024). PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.25-33

Issue

Section

Articles