METODE STORYTELLING UNTUK MENGENALKAN EMOSI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Lisa Narwastu Kristsuana Universitas Kristen Petra
  • Grecia Violetta Afriline Universitas Kristen Petra
  • Febi Santa Permata Gea Universitas Kristen Petra
  • Nada Sherafim Latreia Krishi Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.34-41

Keywords:

Pengenalan emosi, storytelling, ...

Abstract

Metode storytelling merupakan salah satu cara yang digunakan oleh guru dalam pengenalan emosi pada anak usia dini. Storytelling juga merupakan metode yang menarik untuk dilakukan karena metode ini melibatkan seorang guru dalam ber­cerita dengan menggunakan ekspresi baik wajah maupun suara, intonasi bercerita, dan alat yang digunakan ketika bercerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah metode storytelling dapat memperkenalkan emosi kepada anak usia 4-5 tahun. Jenis pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian atau pengumpulan data di ambil di salah satu PAUD Surabaya. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang anak, yang berada di kelas Pre - K2 yang berusia 4-5 tahun, dengan melibatkan guru di sekolah tersebut sebagai informan. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, atau pengamatan, wa­wan­cara, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah metode storytelling efektif digunakan untuk mengenalkan emosi pada anak usia dini. Melalui storytelling, anak belajar mengenali emosi yang dirasakan oleh tokoh dalam cerita, mampu menyebutkan nama emosi, lebih mudah mengingat emosi yang telah diperkenalkan sebelumnya, dan dapat mengaitkan emosi tersebut dengan dirinya sendiri.

Author Biography

Lisa Narwastu Kristsuana, Universitas Kristen Petra

SINTA ID: 6860841

References

Ajufo, B. I. (2019). Emotional and social development. In Oyeyemi O.F dan Oluwatimilehin. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(2).

Bartan, M. (2020). The use of storytelling methods by teachers and their effects on children's understanding and attention span. Southeast Asia Early Childhood, 9(1), 75-84.

Erlita, T., & Abidin, Z. (2020). Kompetensi emosi (ekspresi dan pemahaman emosi) pada anak usia prasekolah. Jurnal Studia Insania, 8(2), 140-163.

Goleman, D. (2002). Kecerdasan emosional, terj. T. Hermaya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Goleman, D. (2003). Kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi, terj. Alex Tri Kantjono. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hibbin, R. (2016). The psychosocial benefits of oral storytelling in school: developing identity and empathy through narrative. Pastoral Care in Education, 34(4), 218-231.

Hm, E. M. (2016). Mengelola kecerdasan emosi. Tadrib, 2(2), 198-213.

J.T.B. (Eds.). Fundamentals of psychological foundations of education (pp.26-42). Folalseq Publishers. Ijebu-Od.

Kartiko, A., & Kurniwan, E. (2018). Metode bercerita dengan teknik role playing untuk menumbuhkan akhlak mulia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 201–222.

Kristsuana, L. N., Puspitasari, D., Zega, A., & Delta, G. (2023). Penggunaan flashcard untuk menumbuhkan minat anak usia dini dalam mendengarkan cerita. Aletheia Christian Educators Journal 4(2), 47-52.

Mashar, R. (2015). Emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya. Kencana.

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis perkembangan emosi anak usia dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77-90.

Susilowati, R. (2018). Kecerdasan emosional anak usia dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(1), 145-158.

Trihastuti, A., Mulya, Y. A., Abdillah, Z., & Hidayati, F. (2018). Pengaruh dongeng dalam peningkatan emosi ositif anak usia prasekolah. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 15(2), 1-6.

Wardiah, D. (2017). Peran storytelling dalam meningkatkan kemampuan menulis, minat membaca dan kecerdasan emosional siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 42-56.

Wright, C., Diener, M. L., & Kemp, J. L. (2013). Storytelling dramas as a community building activity in an early childhood classroom. Early Childhood Education Journal, 41, 197-210.

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Kristsuana, L. N., Afriline , G. V., Gea , F. S. P., & Krishi, N. S. L. (2024). METODE STORYTELLING UNTUK MENGENALKAN EMOSI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 34–41. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.34-41

Issue

Section

Articles