TRANSFORMASI PEMBELAJARAN CALISTUNG UNTUK MURID SD

Authors

  • Cornelia Valencia Metanoia Universitas Kristen Petra
  • Alexandra Ivanna Blanca Universitas Kristen Petra
  • Riani Larosa Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.64-72

Keywords:

calistung, fasilitas, literasi, media pembelajaran, metode pembelajaran

Abstract

Mencapai visi Indonesia emas pada tahun 2045 membutuhkan kualitas sumber daya manusia yang baik. Upaya yang bisa dilakukan sebagai mahasiswa ilmu pendidikan adalah membangun sumber daya manusia melalui lingkungan pendidikan. Tulisan penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang dapat diadopsi dan dikembangkan oleh mahasiswa ilmu pendidikan guna meningkatkan kualitas pendidikan melalui calistung sebagai kompetensi dasar ilmu pengetahuan. Metode penelitian ini adalah metode studi pustaka yaitu dengan mengumpulkan data dan informasi dari banyak tulisan penelitian seputar pendidikan calistung usia sekolah dasar. Penelitian ini menghasilkan beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa ilmu pendidikan dalam meningkatkan kemampuan calistung anak. Tiga hal utama yang harus ada dalam strategi ini adalah penyediaan fasilitas, media  pembelajaran, serta perubahan metode pembelajaran.

References

Admin FKIP. (2023, Maret 31). Calistung dihapus, dosen UM Surabaya: Ideal anak belajar di usia ini. UM Surabaya. https://pgsd.fkip.um-surabaya.ac.id/homepage/news_article?slug=calistung-dihapus-dosen-um-surabaya-ideal-anak-belajar-di-usia-ini-1.

Aliyyah, R. R., Rahmawati, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah kerja nyata: pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan pendidikan. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(2), 663-676.

Agustia, D. E. (2023). Analisis faktor kesulitan pembelajaran calistung siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5556-5568.

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., Wahyudi, D. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336-2344.

Anonim. (2010, 24 Agustus). Mereka (tetap) anak pintar…. https://nasional.kompas.com/read/2010/08/24/11200242/~Edukasi~News?page=all.

Aranditio, S. (2023, Oktober 24). Pandemi memicu perubahan cara manusia berkomunikasi. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/10/23/pandemi-mengubah-dan-merusak-pola-komunikasi-manusia.

Biro Pusat Statistik Indonesia. (2023). Bonus demografi dan visi Indonesia emas 2045. 2023.01-2 Ed.

Dafit, F. & Ramadhan, Z. H. (2020). Pelaksanaan program gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429-1437.

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan digital book berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102-115.

Guswita, R., Aprizan, A., & Subhanadri, S. (2022). peningkatan keterampilan membaca cepat dengan menggunakan strategi quantum reading pada siswa kelas V SDIT Al Akhyar Kabupaten Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 90-97.

Caesaria, S.D., & Kasih, A.P. (2023, Maret 29). Hapus tes calistung masuk SD, Nadiem sebut 4 fokus pembelajaran PAUD. Detik.com. https://www.kompas.com/edu/read/2023/03/29/093244071/hapus-tes-calistung-masuk-sd-nadiem-sebut-4-fokus-pembelajaran-paud?page=all.

Haryani, E., Ahmad, S. & Aradea, R. (2021). Analisis faktor-faktor penyebab rendahnya daya serap siswa pada pelajaran akuntansi. Journal of Education Research, 2(2), 82-88.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022, Oktober 6). Indonesia Emas 2045 diwujudkan oleh generasi muda. https://www.kemenkopmk.go.id/indonesia-emas-2045-diwujudkan-oleh-generasi-muda.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023, Desember 5). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 naik 5-6 posisi dibanding 2018. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/ peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018.

Latief, K., A. (2020). Disleksia dan tantangan bagi pegiat literasi. DOI:10.13140/RG.2.2.16731.18720.

Ma’ruf, E. N. (2022). Perspektif orang tua terhadap pelaksanaan les calistung di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 434-444.

Ma’ruf, E. N., & Syamsudin, A. (2021). Perspektif orang tua terhadap pelaksanaan les calistung di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 430-444.

Masjaya & Wardono (2018). Pentingnya kemampuan literasi matematika untuk menumbuhkan kemampuan koneksi matematika dalam meningkatkan SDM. Jurnal Prisma, 1, 568-574.

Muliantara, I. K. & Suarni, N. K. (2022). Strategi menguatkan numerasi dan literasi untuk mendukung merdeka belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4845-4855.

Neina, Q. A., Sumartini, S., Zulfikasari, S., Suprapto, S., Farkhatunnisa, A., Aina, D. C., & Rahmat, A. A. (2022). Pendampingan penggunaan aplikasi sekolah enuma sebagai pemberdayaan gerakan literasi keluarga dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca anak untuk memfasilitasi hybrid learning pascapandemi di Desa Gogodalem. Jurnal Implementasi, 2(1), 33-39.

OECD. (2022a). PISA 2022 database.

OECD. (2022b). PISA 2022 results volume iii: creative minds, creative schools factsheets Indonesia.

Perpustakaan Kemendagri. (2021). Tingkat literasi Indonesia di dunia rendah, ranking 62 dari 70 negara. https://

perpustakaan.kemendagri.go.id/.

Pramesti, F. (2018). Analisis faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283-289.

Pravitasari, G. W., Asri, D. N., & Prasasti, P. A. T. (2023). Pengaruh metode drill dengan teknik hitung trachtenberg terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1267-1273.

Putra, A. D., & Ahmadi, A. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui media digital pada anak-anak di Desa Ganti (Lombok). Jurnal Ilmiah Global Education, 2(2), 147-150.

Putri, N. E. (2023). Upaya pemberantasan buta aksara melalui pelatihan calistung. Narasi, Literasi, dan Bahasa. Akademia Pustaka.

Rachman, Y. A. (2019). Mengkaji ulang kebijakan calistung pada anak usia dini. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 2(1), 14-23.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa Sekolah Dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85-96.

Rizki, A. S. C., & Bakhtiar, A. M. (2022). Problematika membaca menulis dan berhitung (calistung) pada peserta didik kelas rendah Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 13(2), 110-128.

Ru’iya, S., Kistoro, H. C. A., Sutarman, Maulana, L. A. (2021). Upaya meningkatkan minat belajar siswa di masa pandemi Covid-19 melalui media komik. Community Empowerment, 6(6), 1021-1028. https://doi.org/10.31603/ce.4914.

Santoso, M. P. (2005). Karakteristik pendidikan Kristen. Jurnal Veritas, 6(2), 291-306.

Siregar, Y. E. Y., Dewi, S. A., Yani, A. F., Nabila, A. N. & Putri, J. (2024). Tantangan menanamkan nilai karakter dan pembelajaran calistung (membaca, menulis dan berhitung): Pengaruh era pandemi Covid-19 pada sekolah dasar kelas tinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(5), 102-112.

Sriastuti, L. & Masing, M. (2022). Penerapan teori belajar kognitif Jean Piaget dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Soko Guru 2(1), 14-22.

Suastika, N. S. (2018). Problematika pembelajaran membaca dan menulis permulaan di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57-64.

Subagyo, A. B. (2020). Pengantar riset kuantitatif & kualitatif: Termasuk riset teologi dan keagamaan. Yayasan Kalam Hidup.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukari, Haq., I., F., Shaleh.,M., Auliya., N. (2023). Pelatihan calistung (membaca menulis berhitung) sebagai sarana pendidikan dasar anak-anak di Dusun Belang Desa Jumantoro Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar. DOI:10.55080/jim.v2i1.162.

Sukma, H. H. & Sekarwidi, R. A. (2021). Strategi kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 11-20. DOI: 10.23917/varidika.v33i1.13200

Sumarti, E., Jazeri, M., Manggiasih, N. P., Masithoh, D. (2020). Penanaman dinamika literasi pada era 4.0. Jurnal Literasi, 4(1), 58-66.

Tahmidaten, L. & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematikanya dan solusinya). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 325-342.

Zati, V. D. A. (2018). Upaya untuk meningkatkan minat literasi anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18-21.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Metanoia, C. V., Blanca, A. I., & Larosa, R. (2024). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN CALISTUNG UNTUK MURID SD. Aletheia Christian Educators Journal, 5(2), 64–72. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.64-72