PERAN GURU MEMANFAATKAN AI DALAM MEMBANGUN GENERASI UNGGUL MENUJU INDONESIA EMAS 2045

Authors

  • Franky Boentolo Universitas Kristen Petra
  • Che-Che Chuan Racwelling Manu Universitas Kristen Petra
  • Olyvia Giovany Saragih Universitas Kristen Petra
  • Soniat Zalukhu Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48

Keywords:

Artificial Intelligence (AI), inovasi pembelajaran, media digital, peran guru, teknologi

Abstract

Kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan menghadirkan berbagai informasi yang aktual dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Salah satu media pembelajaran yang diperkenalkan pada abad ke-21 yaitu artificial intelligence (AI). Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui fungsi AI sebagai salah satu inovasi media pembelajaran digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI merupakan proses untuk melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan membentuk generasi bangsa yang berkualitas menuju Indonesia Emas 2045. AI merupakan inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di Indonesia dengan tujuan untuk menghasilkan generasi bangsa yang mampu bersaing secara internasional. Salah satunya yaitu melalui peran guru sekolah dasar dalam merangkul AI sebagai media pembelajaran digital yang dapat diinte­grasikan kepada peserta didik sekolah dasar dengan sesuai, untuk menghadapi perubahan yang terjadi di dunia. Guru dan peserta didik dituntut untuk menyesuaikan diri dengan teknologi digital.

Author Biography

Franky Boentolo, Universitas Kristen Petra

SINTA ID: 6866190

References

profesi ini terancam direbut ai, 300 juta pekerjaan bisa hilang (2023, January 20). Retrieved from CNBC Online. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240120152008-37-507493/10-profesi-ini-terancam-direbut-ai-300-juta-pekerjaan-bisa-hilang

Adiguna, A. F. (2019). Pemrograman java rumah sakit di Jakarta. https://doi.org/10.31219/osf.io/s9xbg

Arnold, N. S. (2019). Reexamining deus ex machina: Artificial Intelligence, theater, & a New Work [Undergraduate thesis, Ohio University]. OhioLINK Electronic Theses and Dissertations Center. http://rave.ohiolink.edu/etdc/view?acc_num=ouhonors1569001838298508

Aulina, L. (2019). Sistem informasi manajemen pada PT. POS Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/s9tw4

Chandra, L. C. (2019). Meningkatkan daya saing pabrik gula di Indonesia era masyarakat ekonomi ASEAN. Retrieved from https://osf.io/preprints/osf/u3t5z

Carter, D. (2023). The influence of ancient greece: A historical and cultural analysis. International Journal of Science and Society, 5(3), 257-265. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v5i3.743

Crouch, A. (2011). Culture making (menciptakan kebudayaan): Menemukan kembali panggilan kreatif kita. Perkantas Jawa Timur.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infocom, 15(2). https://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/178/155

Fuadi, T. M. (2019). Era indrustri 4.0: Peran guru dan pendidikan. Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA), 3(1), 979–988. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/view/1076

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Rancangan akhir RPJPN 2025-2045. https://indonesia2045.go.id/Subagyo

Kipnis, D. (1991). The technological perspective. Psychological Science, 2(2), 62–69. https://doi.org/10.1111/j.1467-9280.1991.tb00101.x

Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43. https://jurnal.sttsundermann.ac.id

Lietz, M. E. (2015). The restorative nature of exile: Reforming God’s people to continue the work of the Lord. Africanus Journal 7(1), 34-45.

Lubis, M. (2020). Peran guru pada era pendidikan 4.0. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264.

Mahalakshmi, N. (2021) Aspects of Artificial Intelligence in Karthikeyan. Dalam Ting, Su-Hie and Ng, Yu-Jin (eds.), Learning Outcomes of Classroom Research. L’ Ordine Nuovo Publication, 250-256.

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., Leuwol, N. V., & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam menghadapi tantangan mengajar guru di era digital. Journal on Education, 6(1), 2689–2698. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3304.

Manurung, E. H., Heliany, I. (2019). Pengaruh pandemic covid-19 terhadap hubungan hukum para pihak dalam sistem kontrak konstruksi di indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Mota, R. & Scott, D. (2014). Education for Innovation and Independent Learning. Elsevier.

Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. J. (2020). Artificial Intellegence dengan pembentukan nilai dan karakter di bidang pendidikan. Ijtimaiya: Journal of Social Science Teaching, 4(2), 148. https://doi.org/10.21043/ji.v4i2.8625

Nurhasanah, E., & Tasia, F. E. (2021). Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran inovatif. Aufklärung: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(2), 130–136. https://pijarpemikiran.com/index.php/Aufklarung/article/view/279

Rahmawati, N. K., Kusuma, A. P., & Hamdani, H. (2023). Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis digital. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(1), 243–250. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/4687/3422

Satriani, S. (2018). Inovasi pendidikan: Metode pembelajaran monoton ke pembelajaran variatif (metode ceramah plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1). https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.590

Sisi lain AI, lebih banyak peluang kerja baru untuk pengembangannya (2023, May 4). Retrieved from Kompas ID. https://www.kompas.id/baca/internasional/2023/05/04/sisi-lain-ai-lebih-banyak-peluang-kerja-baru-untuk-pengembangannya

Subagyo, A. B. (2020). Pengantar riset kuantitatif & kualitatif: Termasuk riset teologi dan keagamaan. Yayasan Kalam Hidup.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suparlan. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Tran, K. & Nguyen, T. (2021). Preliminary research on the social attitudes toward the AI’s involved christian education in Vietnam: Promoting AI technology for religious education. Religions, 12(208), 1-20.

UNESCO. (t.t.). Artificial intelligence in education. Retrieved from https://www.unesco.org/en/digital-education/artificial-intelligence

Wati, I., & Kamila, I. (2019, February 24). Pentingnya guru professional dalam mendidik siswa milenial untuk menghadapi revolusi 4.0. Retrieved from https://www.semanticscholar.org/paper/PENTINGNYA-GURU-PROFESSIONAL-DALAM-MENDIDIK-SISWA-Wati-Kamila/8f67ee8fe4e108403132348f50a5e953c776cfd3

Widodo, G. S., & Rofiqoh, K. S. (2020). Pengembangan guru profesional menghadapi generasi alpha. Retrieved from Repository.unisma.ac.id. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2350

Yasir, M., & Susilawati, S. (2021). Pendidikan karakter pada generasi alpha: tanggung jawab, disiplin dan kerja keras. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 4(3), 309.

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Boentolo, F., Manu, C.-C. C. R., Saragih, O. G., & Zalukhu, S. (2024). PERAN GURU MEMANFAATKAN AI DALAM MEMBANGUN GENERASI UNGGUL MENUJU INDONESIA EMAS 2045. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48

Issue

Section

Articles