PERAN GURU MEMANFAATKAN AI DALAM MEMBANGUN GENERASI UNGGUL MENUJU INDONESIA EMAS 2045
DOI:
https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48Keywords:
Artificial Intelligence (AI), inovasi pembelajaran, media digital, peran guru, teknologiAbstract
Kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan menghadirkan berbagai informasi yang aktual dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Salah satu media pembelajaran yang diperkenalkan pada abad ke-21 yaitu artificial intelligence (AI). Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui fungsi AI sebagai salah satu inovasi media pembelajaran digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI merupakan proses untuk melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan membentuk generasi bangsa yang berkualitas menuju Indonesia Emas 2045. AI merupakan inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di Indonesia dengan tujuan untuk menghasilkan generasi bangsa yang mampu bersaing secara internasional. Salah satunya yaitu melalui peran guru sekolah dasar dalam merangkul AI sebagai media pembelajaran digital yang dapat diintegrasikan kepada peserta didik sekolah dasar dengan sesuai, untuk menghadapi perubahan yang terjadi di dunia. Guru dan peserta didik dituntut untuk menyesuaikan diri dengan teknologi digital.
References
profesi ini terancam direbut ai, 300 juta pekerjaan bisa hilang (2023, January 20). Retrieved from CNBC Online. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240120152008-37-507493/10-profesi-ini-terancam-direbut-ai-300-juta-pekerjaan-bisa-hilang
Adiguna, A. F. (2019). Pemrograman java rumah sakit di Jakarta. https://doi.org/10.31219/osf.io/s9xbg
Arnold, N. S. (2019). Reexamining deus ex machina: Artificial Intelligence, theater, & a New Work [Undergraduate thesis, Ohio University]. OhioLINK Electronic Theses and Dissertations Center. http://rave.ohiolink.edu/etdc/view?acc_num=ouhonors1569001838298508
Aulina, L. (2019). Sistem informasi manajemen pada PT. POS Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/s9tw4
Chandra, L. C. (2019). Meningkatkan daya saing pabrik gula di Indonesia era masyarakat ekonomi ASEAN. Retrieved from https://osf.io/preprints/osf/u3t5z
Carter, D. (2023). The influence of ancient greece: A historical and cultural analysis. International Journal of Science and Society, 5(3), 257-265. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v5i3.743
Crouch, A. (2011). Culture making (menciptakan kebudayaan): Menemukan kembali panggilan kreatif kita. Perkantas Jawa Timur.
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infocom, 15(2). https://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/178/155
Fuadi, T. M. (2019). Era indrustri 4.0: Peran guru dan pendidikan. Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA), 3(1), 979–988. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/view/1076
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Rancangan akhir RPJPN 2025-2045. https://indonesia2045.go.id/Subagyo
Kipnis, D. (1991). The technological perspective. Psychological Science, 2(2), 62–69. https://doi.org/10.1111/j.1467-9280.1991.tb00101.x
Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43. https://jurnal.sttsundermann.ac.id
Lietz, M. E. (2015). The restorative nature of exile: Reforming God’s people to continue the work of the Lord. Africanus Journal 7(1), 34-45.
Lubis, M. (2020). Peran guru pada era pendidikan 4.0. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264.
Mahalakshmi, N. (2021) Aspects of Artificial Intelligence in Karthikeyan. Dalam Ting, Su-Hie and Ng, Yu-Jin (eds.), Learning Outcomes of Classroom Research. L’ Ordine Nuovo Publication, 250-256.
Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., Leuwol, N. V., & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam menghadapi tantangan mengajar guru di era digital. Journal on Education, 6(1), 2689–2698. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3304.
Manurung, E. H., Heliany, I. (2019). Pengaruh pandemic covid-19 terhadap hubungan hukum para pihak dalam sistem kontrak konstruksi di indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Mota, R. & Scott, D. (2014). Education for Innovation and Independent Learning. Elsevier.
Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. J. (2020). Artificial Intellegence dengan pembentukan nilai dan karakter di bidang pendidikan. Ijtimaiya: Journal of Social Science Teaching, 4(2), 148. https://doi.org/10.21043/ji.v4i2.8625
Nurhasanah, E., & Tasia, F. E. (2021). Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran inovatif. Aufklärung: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(2), 130–136. https://pijarpemikiran.com/index.php/Aufklarung/article/view/279
Rahmawati, N. K., Kusuma, A. P., & Hamdani, H. (2023). Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis digital. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(1), 243–250. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/4687/3422
Satriani, S. (2018). Inovasi pendidikan: Metode pembelajaran monoton ke pembelajaran variatif (metode ceramah plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1). https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.590
Sisi lain AI, lebih banyak peluang kerja baru untuk pengembangannya (2023, May 4). Retrieved from Kompas ID. https://www.kompas.id/baca/internasional/2023/05/04/sisi-lain-ai-lebih-banyak-peluang-kerja-baru-untuk-pengembangannya
Subagyo, A. B. (2020). Pengantar riset kuantitatif & kualitatif: Termasuk riset teologi dan keagamaan. Yayasan Kalam Hidup.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suparlan. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Tran, K. & Nguyen, T. (2021). Preliminary research on the social attitudes toward the AI’s involved christian education in Vietnam: Promoting AI technology for religious education. Religions, 12(208), 1-20.
UNESCO. (t.t.). Artificial intelligence in education. Retrieved from https://www.unesco.org/en/digital-education/artificial-intelligence
Wati, I., & Kamila, I. (2019, February 24). Pentingnya guru professional dalam mendidik siswa milenial untuk menghadapi revolusi 4.0. Retrieved from https://www.semanticscholar.org/paper/PENTINGNYA-GURU-PROFESSIONAL-DALAM-MENDIDIK-SISWA-Wati-Kamila/8f67ee8fe4e108403132348f50a5e953c776cfd3
Widodo, G. S., & Rofiqoh, K. S. (2020). Pengembangan guru profesional menghadapi generasi alpha. Retrieved from Repository.unisma.ac.id. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2350
Yasir, M., & Susilawati, S. (2021). Pendidikan karakter pada generasi alpha: tanggung jawab, disiplin dan kerja keras. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 4(3), 309.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Franky Boentolo, Che-Che Chuan Racwelling Manu, Olyvia Giovany Saragih, Soniat Zalukhu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Aletheia Christian Educators Journal (e-ISSN 2776-3714) diterbitkan oleh Universitas Kristen Petra, Indonesia.
Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Creative Commons Attribution License.