IMPLEMENTASI METODE MENGAJAR DENGAN MEDIA LAGU DALAM PERKEMBANGAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF ANAK FASE DIFERENSIASI

Authors

  • Mira Charesta Rame Universitas Kristen Petra
  • Dani Puspitasari Universitas Kristen Petra
  • Jeremy Chrystofer Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.93-100

Keywords:

fase diferensiasi, guru, media lagu, perkembangan bahasa

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan secara mendalam pengaruh lagu sebagai bahan ajar untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif dan ekspresif anak di fase diferensiasi. Penelitian ini menyajikan analisa kualitatif secara komprehensif tentang bagaimana lagu dapat digunakan secara efektif dalam pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa. Melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen, peneliti membuktikan bahwa prosedur penelitian menggunakan lagu dapat meningkatkan perkembangan bahasa. Hasil membuktikan adanya pengaruh positif dalam perkembangan bahasa reseptif dan ekspresif yang dapat dilihat dalam bentuk mengulang kalimat sederhana, menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan, mengungkapkan perasaan dengan kata sifat, dan menceritakan kembali lagu yang dinyanyikan. Implikasi untuk pendidikan anak usia dini dijelaskan lebih lanjut.

References

Amalia, E. R. (2019). Meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dengan metode bercerita.

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi perkembangan bahasa anak usia dini melalui lagu kreasi minangkabau pada anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73-84.

Breitfeld, E., & Saffran, J. R. (2024). Early word learning is influenced by physical environments. Child Development, 95(3), 962-971.

Brodin, J., & Renblad, K. (2020). Improvement of preschool children’s speech and language skills. Early Child Development and Care, 190(14), 2205-2213.

Brusini, P., Seminck, O., Amsili, P., & Christophe, A. (2021). The acquisition of noun and verb categories by bootstrapping from a few known words: A computational model. Frontiers in Psychology, 12, 661479.

Casal de la Fuente, L., & Gillanders, C. (2022). Songs and singing songs in early childhood education: A review of Spanish curriculum policy. The Curriculum Journal, 33(3), 478-494.

Dhieni, N., Fridani, L., & Psych, S. P. M. (2017). Hakikat perkembangan bahasa anak. Modul Paud diakses pada tanggal, 26.

Fatimaningrum, A. S., Hayati, N., & Wulandari, R. (2020, December). Teachers’ perception of singing activities in early childhood education. In 2nd Yogyakarta International Conference on Educational Management/ Administration and Pedagogy (YICEMAP 2019) (pp. 48-52). Atlantis Press.

Fauziah, S. (2018). Pembelajaran bahasa yang sesuai dengan perkembangan anak. Al-MUNZIR, 11(2), 283-302.

Hasiana, I. (2020). Studi kasus anak dengan gangguan bahasa reseptif dan ekspresif. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(1), 59-67.

Iman, N. (2021). Sing A Song: Strategi pengembangan bahasa pada anak usia dini (AUD). JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA, 2(3), 116-125.

LAILIYAH, S. J. (2022). Metode mengembangkan bahasa anak usia dini melalui bernyanyi lagu-lagu anak di kelompok a (usia 4-5 tahun) taman kanak-kanak.

Mariati, P., & Sunanto, S. (2020). Kreativitas guru paud dalam penciptaan gerak dan lagu tematik untuk anak usia dini. Education And Human Development Journal (EHDJ), 5(2), 91-98.

Mufliharsi, R. (2019). Retrieval-practice for enhancing students’ memory in learning vocabulary of preschool period.

Pratama, L. R., & Priyantoro, D. E. (2017). Urgensi pengembangan bahasa verbal dan non verbal anak usia dini. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 2, pp. 245-256).

Pusari, R. W. (2011). Bahasa dan kecerdasan anak. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(2).

Puspitasari, D., Gea, G. A. W., Hura, M., Limu, N. L. H., Telaumbanua, V. A., & Setia, Y. (2024). Pengaruh metode bernyanyi pada perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 3(1), 1-10.

Ryan, A., Gibbon, F. E., & O’shea, A. (2016). Expressive and receptive language skills in preschool children from a socially disadvantaged area. International Journal of Speech-Language Pathology, 18(1), 41-52.

Sevik, M. (2011). Teacher views about using songs in teaching English to young learners. Educational Research and Reviews, 6(21), 1027.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.

Sutikno, P. Y., Jazuli, M., & Utomo, U. (2024). The effects of singing activities on children’s memory, learning motivation, and creativity in an indonesian kindergarten for preschoolers. Journal of Law and Sustainable Development, 12(1), e3123-e3123.

Tajiah, J., & Windarsih, C. A. (2020). Meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini dengan metode bernyanyi pada kelompok A di TK Al-Muawanah. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 481-487.

Tika, D. D. (2021). Permainan bahasa untuk stimulasi kemampuan bahasa reseptif anak usia dini. Tematik, 7(1), 1-7.

Triningsih, R. W., Aryani, H. R., & Mutoharoh, Q. (2022). Musik sebagai stimulasi perkembangan bahasa pada anak usia dini: Literature review. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 11(1), 1-15.

Wahab, R. (2016). Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Wati, N. S. (2018). Pengaruh stimulasi mendengarkan lagu dan bernyayi terhadap perkembangan berbahasa pada anak usia dini. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 75-84.

Wote, A. Y. V., & Sabarua, J. O. (2020). Analisis kesiapan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(1), 1-12.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.

Downloads

Published

2024-11-12

How to Cite

Rame, M. C., Puspitasari, D., & Chrystofer, J. (2024). IMPLEMENTASI METODE MENGAJAR DENGAN MEDIA LAGU DALAM PERKEMBANGAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF ANAK FASE DIFERENSIASI. Aletheia Christian Educators Journal, 5(2), 93–100. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.93-100