MEMBANGUN KELAS KONDUSIF

PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRISTEN

Authors

  • Amsal Gea Universitas Kristen Petra
  • Septiana Feni Kurniastuti Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.49-54

Keywords:

guru Kristen, lingkungan belajar, pengelolaan kelas, peran guru

Abstract

Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan untuk mendeskripsikan peran guru Kristen dalam menerapkan lingkungan belajar yang kondusif. Lingkungan belajar merupakan bagian dari pengelolaan kelas yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mencapai hal ini, guru merupakan salah satu faktor penting. Hal ini diteliti melalui peran yang dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut. Pengumpulan data dilakukan pada Februari hingga April 2024. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi dan wawancara seorang guru Kristen di kelas 2 di sebuah sekolah teologi Kristen di Surabaya. Hasil yang didapat dalam penelitian ini mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik, pembimbing dan fasilitator dalam menerapkan lingkungan belajar yang kondusif. Secara khusus, peran guru Kristen ditumbuhkan dari identitas dan karakternya sebagai pendidik Kristen yang dipanggil untuk melayani murid.

Author Biography

Amsal Gea, Universitas Kristen Petra

Pendidkan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Petra

References

Alifudin, A. (2022). Penciptaan lingkungan belajar yang kondusif bagi murid oleh guru dan masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’arif Panggisari Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara. [Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto].

Astari, T. I., Dewi, T. R., & Yuliantoro, A. T. (2022). Keterampilan guru dalam pengelolaan kelas. Journal of Elementary School 1(2), 73-8.

Debora, K., & Han, C. (2020). Pentingnya peranan guru Kristen dalam membentuk karakter murid dalam pendidikan kristen: Sebuah kajian etika Kristen. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2(1), 1-14.

Elly, S., Fitri A., & Sriyanto. (2019). Manajemen kelas, teori pendekatan dan metode dalam manajemen pengelolaan kelas. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan.

Fisher, D., Fraser, B. J., & McRobbie, C. J. (1996). Development, validation and use of an instrument for assessing the psychosocial environment of science classrooms. Learning Environments Research 1(2), 185-201.

Frameiliada, D., Setiawan, S., Azizah, T. & Margarida, K. (2023). Learning facilities in supporting the process learning and learning motivation. Scientechno: Journal of Science and Technology 2(2), 118-124. https://doi.org/10.55849/scientechno.v2i2.162.

Lukman, Marsigit, Istiyono, E., Kartowagiran, B., Retnawati, H., Kistoro, H. C. A. & Putranta, H. (2021). Effective teachers’ personality in strengthening character education. Internasional Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 10(2), 512-521. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21629.

Marmoah S. (2022). Manajemen kelas, teori dan praktik. Eureka Media Aksara.

Marzuki, M. (2018). Peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo. [Thesis, IAIN Ponorogo].

Nasikin. K., & Marsina, S. (2022). Peran guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Edukasi Cendekia 6(1) . 75-83.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Peran”. Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/peran.

Rindu, I. & Ariyanti, A. (2017). Teacher’s role in managing the class during teaching and learning process. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching 2(1), 83-100.

Rofiq, A. (2009). Pengelolaan kelas. Direktorat Jenderal PMPTK.

Rusman, M. (2018). Manajemen pengelolaan kelas, pendekatan dan prosedur. UMSurabaya Publishing.

Rusticus, S. A., Pashootan, T. & Mah, A. (2022). What are the key elements of a positive learning environment? Perspectives from students and faculty. Learn Environ Res 26(1), 161-175. https://doi.org/10.1007/s10984-022-09410-4.

Santosa, M. P. (2013). Becoming Christ-like Teacher. Pelangi Kristus Christian School.

Sari, A. R. (2021). The role of teachers in building student character at Sindangsari 02 State Elementary School. Jurnal Papatung 4(3), 48-59.

Sianipar, S. N., & Naibaho, D. (2023). Penerapan kompetensi profesional guru PAK sebagai pembimbing peserta didik melalui nilai-nilai Kekristenan. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 1(3), 173-178.

Sipahutar, F. K., & Zega, Y. K. (2023). Peran guru PAK dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan 1(1), 13-26.

Telaumbanua, A. (2018). Peranan guru pendidikan agama Kristen dalam membentuk karakter Murid. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1(2), 219-231.

Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Republik Indonesia.

Weinstein, C. S., & Romano, M. (2023). Elementary classroom management: Lessons from research and practice (8th ed.). McGraw-Hill Education.

Widiasmoro, E. (2018). Cerdas pengelolaan kelas. Diva Press.

Zaturrahmi. (2019). Lingkungan belajar sebagai pengelolaan kelas: Sebuah kajian literatur. E-Tech 7(4).

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Gea, A., & Kurniastuti, S. F. (2024). MEMBANGUN KELAS KONDUSIF: PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRISTEN. Aletheia Christian Educators Journal, 5(2), 49–54. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.49-54