EFEK MEDIA FLASCHARD TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF MURID

Authors

  • Lofrinda Feronika Mbau Universitas Kristen Petra
  • Romirio Torang Purba Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.85-92

Keywords:

media flaschard, kemampuan mengenal huruf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media flaschard dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada siswa kelas 1 sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 yang diuji menggunakan instrumen tes kemampuan mengenal huruf yang terdiri dari 32 butir soal. Analisis data dilakukan dengan mengamati panjang kondisi, kecenderungan arah data (naik, turun, atau mendatar), stabilitas data, jejak data, rentang skor, dan perubahan level. Selain itu, analisis tumpang tindih data antar kondisi juga dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flaschard dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada siswa kelas 1 sekolah dasar.

References

Amalia, A. P. (2017). Penggunaan media flaschard untuk meningkatkan keterampilan membaca (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND.

Andini, A. N., & Mubin, A. N. (2022). Pengaruh media flaschard terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 5-6 tahun. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini.

Aprilia, U. I., Fathurohman, F., & Purbasari, P. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas I. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Arianti, E. D., & Wulandari, R. (2023). Hubungan kemampuan literasi membaca dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita Matematika kelas IV SDN Buluh 1. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan.

Creswell, J. W. (2012). Educational research. Pearson.

Doman, G., & Doman, J. (2014). How to teach your baby to read. International Journal of Childbirth Education

Harisanty, D., Srirahayu, D., Kusumaningtiyas, T., Anugrah, E., & Permata, I. (2020). The utilization of flaschards in children information literacy development. Library Philosophy and Practice, 1-12.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.

Kratochwill, T. R. (Ed.). (2013). Single subject research: Strategies for evaluating change. Academic Press.

Madona, A. S., Gusnetti, G., & Syofiani, S. (2021). Desain multimedia game tembak huruf untuk meningkatkan pemahaman bahasa siswa Kelas 1 SD dalam pengenalan huruf abjad. Jelisa (Jurnal Edukasi dan Literasi Bahasa).

Marlina, M. (2021). Single subject research: Penelitian subjek tunggal.

Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan media flaschard untuk meningkatkan pengenalan bentuk huruf siswa Kelas I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Abc Manado.

Nawafilaty, T. (2019). Pengaruh media flash card terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A. JCE (Journal of Childhood Education).

Pertiwi, S. (2022). Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui blokjes pada murid autis kelas dasar III di SLB Autis Bunda Makassar.

Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI).

Putu, A. A. A., & Agung, P. M. A. (2021). The use of flaschard in English vocabulary learning. Journal on Studies in English Language Teaching (JOSELT).

Pujiana, D. (2020). Pembelajaran berbasis e-learning menggunakan Edmodo pada siswa Sekolah Dasar (Penelitian single subject pada pokok pembahasan perkembangan teknologi komunikasi pada kelas 3 di SDN Karangpawitan IV Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang tahun ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Rahmadani, F., Suryana, D., & Sri, H. (2019). Pengaruh media sandpaper letter terhadap kemampuan mengenal huruf anak di TK Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD.

Sari, I. P., Syafdaningsih, M. P., Hasmalena, M. P., & Husin, A. (2020). Pengaruh media flaschard terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok a di tk it izzudin palembang.

Solihatin, E. (2022). Strategi pembelajaran PPKN. Bumi Aksara.apriliacra

Sunanto, J. (2005). Pengantar penelitian dengan subyek tunggal. (No Title).

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2006). Penelitian dengan subjek tunggal. Bandung: UPI Pres.

Suryadi, A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran jilid i. CV Jejak (Jejak Publisher).

Sutaryono. (1999). Efektifitas penggunaan media kartu terhadap hasil belajar siswa. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ulfa, N. M. (2020). Analisis media pembelajaran flash card untuk anak usia dini. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education.

Yani, E., Sulistyowati, F., & Tapo, M. M. (2023). Single-subject research: pengaruh media belajar berbasis tri-n terhadap kemampuan penalaran matematis. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan).

Yaumi, M. (2017). Media pembelajaran. Pemanfaatan media bagi anak milenial kerjasama. Universitas Muhammadiyah.

Yaumi, M. (2021). Media dan teknologi pembelajaran edisi kedua. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2024-11-12

How to Cite

Mbau, L. F., & Purba, R. T. (2024). EFEK MEDIA FLASCHARD TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF MURID. Aletheia Christian Educators Journal, 5(2), 85–92. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.85-92