PENERAPAN DISIPLIN POSITIF OLEH GURU DENGAN INTEGRASI IMAN KRISTEN PADA KELAS I-A DI SEKOLAH DASAR X SURABAYA

Authors

  • Betharia Krisdianti
  • Yuli Christiana Yoedo

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.1-23

Keywords:

Disiplin Positif, Integrasi Iman Kristen, Siswa kelas 1 Sekolah Dasar

Abstract

Murid akan menjadi penerus bangsa, maka murid perlu memiliki karakter yang baik dan benar. Karakter baik ini akan tumbuh bila guru menerapkan pembelajaran yang baik dan benar. Namun banyak guru yang masih belum menerapkan proses pembelajaran dan penerapan disiplin yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan cara menerapkan disiplin kepada murid kelas I-A SD dengan menggunakan prinsip disiplin positif dan integrasi Iman Kristen pada siswa kelas I-A SD di Sekolah Dasar Kristen ‘X’ Surabaya. Melihat kasus kekerasan oleh guru dengan alasan disiplin, diharapkan penelitian ini memberi gambaran baru akan pola disiplin yang tidak menggunakan kekerasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Guru Bahasa Inggris di kelas I-A menjadi subjek penelitian. Peneliti melakukan observasi terhitung dari bulan Agustus hingga bulan November, dan melakukan wawancara kepada subjek penelitian. Peneliti juga mengkonfirmasi data bersama wali kelas sebagai informan. Data tersebut diolah dengan menggunakan teori disiplin positif dan disiplin positif dari sudut pandang Iman Kristen dan analisis dari peneliti. Peneliti menguji apakah penerapan dapat diterima oleh murid dengan baik atau tidak, peneliti membagikan kuisioner untuk melihat respon dari murid kelas I-A. Peneliti memberi pertanyaan mengenai “apakah murid sudah mentaati peraturan yang berlaku?” sebanyak 90% menjawab sudah mentaati. 10% belum, peneliti melihat hasil observasi dan wawancara dengan subjek penelitian, melihat ada faktor dari diri murid yang membuat murid belum bisa mentaati peraturan. Perolehan data murid yang mampu mentaati perturan menunjukkan lebih dari 50%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan yang dilakukan guru Bahasa Inggris di kelas I-A ini mampu menolong murid memiliki sikap disiplin.

References

Adhi, Y., Winardi, Y., & Listiani, T. (2018). Penerapan model integrasi biblika bryan smith tahap 2 pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman wawasan kristen alkitabiah (wak) siswa kelas xi ipa-2 di suatu sma di toraja [the implementation of the bryan smith stage 2 biblical integration model in learning mathematics to improve the understanding of a biblical christian worldview (bcw) of grade 11 science-2 students in a high school in toraja]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(1), 48.
Agregasi BBC Indonesia (2018, July 24). Kekerasan terhadap Siswa Masih Marak, Guru Berdalih 'demi Kedisiplinan’. Retrieved from: https://news.okezone.com/read/2018/07/24/65/1926589/kekerasan- terhadap-siswa-masih-marak-guru-berdalih-demi-kedisiplinan
Aji, I. P., & Tamba, K. P. (2020). Penerapan disiplin positif dalam pembelajaran ditinjau melalui perspektif kristen [positive discipline in learning reviewed through a christian perspective]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 218-219.
Berry, S, R. (1994). 100 ideas that work. Colorando, America: Association of Christian Schools International.
Burden, P. (2013). Classroom management: Creating a successful K-12 learning community (5th ed.). United States, America: Courier Kendallville.
Emiyati, A. (2018). Mendisiplin Anak Menurut Prinsip Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 2(2), 148, 154-155.
Febriandari, E. I. (2018). Penerapan metode disiplin positif sebagai bentuk pembinaan pendidikan karakter disiplin anak. Karya Ilmiah Dosen, 1(1). 156
Gunarsa, S, D. (2012). Dasar teori dan perkembangan anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, observasi, dan focus groups: Sebagai instrument penggalian data kualitatif. Jakarta, Indonesia: PT Rajagrafindo.
Hidayat, N., Danarti, & Darwati, S., (2016). Disiplin positif; membentuk karakter tanpa hukuman. The Progressive and Fun Education Seminar. 3 Agustus 2016. (473-474). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
Kurniasari, A. (2016). Kekerasan versus disiplin dalam pengasuhan anak. Sosio Informa, 1(2), 142-143.
Mahpur, M. (2017). Memantapkan analisis data kualitatif melalui tahapan koding.
Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia. (2016). Pengantar interaksi belajar mengajar yang efektif. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Malia, I. (2018, May 18). PR Hari Pendidikan Nasional: Angka Kekerasan di Sekolah Masih Tinggi. Retrieved from: https://www.idntimes.com/news/indonesia/indianamalia/hari- pendidikan-kpai-kekerasan-di-sekolah/3
Marche, S. (2018, September 5). Why You Should Stop Yelling at Your Kids: It doesn’t make you look authoritative. It makes you look out of control to your kids. It makes you look weak. Retrieved from: https://www.nytimes.com/2018/09/05/well/family/why-you-should-stop-yelling-at-your- kids.html#:~:text=A%202014%20study%20in%20The,an%20increase%2 0in%20behavioral%20problems.
Nelsen, J. (N.d). Encouragement: What does it mean and how is it done? Retrieved from: https://www.positivediscipline.com/articles/encouragement-what-does-it-mean-and-how-it-done
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ratnawati. (2018). Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. “Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Anak: Optimalisasi Peran Pendidik dalam Perspektif Hukum", 8 Mei 2018 (3). STKIP Andi Matappa Pangkep.
Shabir, M. (2015). Kedudukan guru sebagai pendidik: (tugas dan tanggung jawab, hak dan kewajiban, dan kompetensi guru). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 222
Shihab, N. (2017). Keluarga kita: Mencintai dengan lebih baik. Tangerang, Indonesia: Penerbit Buah Hati.
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Sidjabat, B, S. (1994). Strategi pendidikan Kristen: suatu tinjauan teologis-filosofis. Jogjakarta, Indonesia: Yayasan ANDI.
Sitorus, J. P. (2018). Ragam bahasa dalam perspektif Alkitab [Language variety from a Biblical perspective]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2), 147.
Spokane Regional Health District, (2020). What is Positive Discipline. Retrieved from:https://srhd.org/media/documents/What20is20Positive20Discipline1. pdf
Ulfa, M. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 297.
Utsman. (2017). Validitas dan reliabilitas untuk mengevaluasi mutu penelitian kualitatif. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wijaya, D, R. (2015). Disiplin positif dalam pengasuhan dan pendidikan. Bandung, Indonesia.
Windari, R. (2016). Penggunaan Hukum Disiplin (Corporal Punishment) pada Anak Di Lingkungan Sekolah Dalam Perspektif Hukum Pidana di Indonesia. Jurnal Hukum PRIORIS, 4(3), 305-306.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Krisdianti, B., & Yoedo, Y. C. (2021). PENERAPAN DISIPLIN POSITIF OLEH GURU DENGAN INTEGRASI IMAN KRISTEN PADA KELAS I-A DI SEKOLAH DASAR X SURABAYA. Aletheia Christian Educators Journal, 2(1), 1–23. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.1-23

Issue

Section

Articles