PENDIDIKAN KARAKTER KRISTEN DAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DI KELAS MATEMATIKA DI SD KRISTEN “X” SURABAYA

Authors

  • Lacta Wida Rayu Cahyaningati
  • Yuli Christiana Yoedo

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.36-56

Keywords:

Kejujuran, kepedulian, kesediaan bekerjasama, pendidikan karakter Kristen, model pembelajaran STAD

Abstract

Penelitian kualitatif ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan pendidikan karakter Kristen dan model pembelajaran STAD di kelas Matematika di SD Kristen “X” Surabaya. Teori yang dipakai adalah teori Lewis tentang pendidikan karakter Kristen. Subjek penelitian adalah Ibu Vitri dan teori Slavin tentang model pembelajaran kooperatif STAD. Data penelitian didapatkan dari tindakan dan perkataan guru kelas. Guru menerapkan 9 tahap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, yaitu menyampaikan tujuan belajar, memotivasi murid, menyajikan informasi, mengorganisasikan murid dalam kelompok, membagikan rubrik penilaian, membagikan form penilaian sebaya, membimbing kelompok belajar, evaluasi, serta memberikan penghargaan. Guru memasukkan pendidikan karakter dengan melalui perenungan Firman untuk mendasari proses pembelajaran. Guru juga memberikan wejangan bahwa semua aktifitas dan tindakan (peduli, jujur, kerjasama) dilakukan untuk Tuhan. Cara terakhir adalah dengan melibatkan peran murid dalam pembentukan kelompok belajar, pencarian solusi dari masalah yang ditemukan, serta proses diskusi kelompok. Kesimpulan penelitian ini yaitu diperlukan penambahan 2 tahap penerapan model pembelajaran koopeartif tipe STAD, yaitu pembagian rubrik penilaian dan form penilaian sebaya, serta dengan memberikan pendidikan karakter Kristen untuk membuat Matematika menjadi kelas yang efektif dan bermakna di SD Kristen “X” Surabaya.

References

Achdiyat, M. (2017). Evaluasi dalam pembelajaran. Tangerang, Indonesia: Pustaka Mandiri.
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: Konsep, landansan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif/KTI). Jakarta, Indonesia: Kharisma Putra Utama.
Anita, L. (2003). Cooperative learning mempraktikkan cooperative learning di ruang-. ruang kelas. Jakarta, Indonesia: PT. Grasindo Widia Sarana.Berkhof, L., & Til, C. Van. (2010). Foundation Christian Education. 3rd ed. Jakarta, Indonesia: Momentum.
Brummelen, H. V. (2009). Berjalan dengan Tuhan di dalam kelas. Jakarta, Indonesia: Universitas Pelita Harapan Press.
Brummlen, H. V. (2009). Walking with God in the classroom: Christian approaches to teaching and learning. 3rd ed. USA: Purposeful design publications ACSI.
Clark, R.E., JohnSon, L., & Sloat, A.K. (1991). Christian education. Choicago, USA: Moody Publishers.
Curran, L. (1994). Lessons for little ones: Mathematics and cooperative learning. San Juan Capistrano, USA: Kagan Publishing.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.
Gora, R. (2019). Riset kualitatif public relations. Surabaya, Indonesia: Jakad Publishing.
Gangel, K. O., (2003). Biblical foundation of education. In ACSI. (chap.5). Foundations Of Christian School Education. Corolado Springs, USA: Association Of Christian Education School International.
Gintings, A. (2010). Esensi praktis belajar dan pembelajaran. Bandung, Indonesia: Humaniora Utama Press.
Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung, Indonesia: Pustaka Setia.
Handayani, S. (2019). Pembelajaran speaking tipe STAD yang interaktif fun game berbasis karakter. Ponorogo, Indonesia: Uwais Inspirasi Indonesia.
Hardiansyah, H. (2015). Wawancara, observasi, dan focus groups: Sebagai instrumen penggilan data kualitatif. Jakarta, Indonesia: Raja Grafindo Persada.
Hartatik, S. (2016). Peningkatan sikap pluralitas dan hasil belajar PKN melalui penerapan problem-based learning (PBL) bagi siswa kelas xii-ipa 5 semester gasal SMA Negeri 5 Surakarta tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dwija Utama: Forum Komunikasi Pengembangan Profesi Pendidik Kota Surakarta, 8 (36), 1979-9098. Retrieved from https://books.google.co.id/books/about/JUrnal_Pendidikan_Dwija_Utama.html?id=VJWDDwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=kp_read_button&redir_esc=y.
Hidayat, A. (2018). Meta analisis: Pentingnya self dan peer assesment dalam pembelajaran. Jurnal Basicedu: Research & Learning In Elementary Education. 2 (1), 95-101. doi: 10.31004/basicedu.v2i1.30.
Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya, Indonesia: Universitas Surabaya.
Isjoni. (2010). Cooperative learning, efektifitas pembelajaran kelompok. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Jacobs, G. M., Lee, G. S., & Ball, J. (1997). Learning cooperative learning via cooperative learning: A sourcebook of lesson plants for teacher education on cooperative learning. San Clemente, USA: Kagan Publishing.
Jaeng, M. (2016). Pendidikan karakter melalui pendidikan matematika. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/download/8614/6834.
Lewis, B. A. (2004). Character building untuk anak-anak. Batam, Indonesia: Karisma Publishing Group.
Lewis, B. A. (2004). Character building untuk remaja. Batam, Indonesia: Karisma Publishing Group.
Lie, A. (2002). Cooperative learning: Mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta, Indonesia: Grasindo.
Marta, E. D. (2016). Implementasi pemberian reward kepada siswa SD Muhammadiyah Bantul Kota (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Yogyakarta, 2016). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/37922/1/Erni%20Dwi%20Marta.pdf.
Maulana., Djuanda, D., Hanifah, N., Sujana, A., Gusryani, D., Aeni, A. N., Julia., Jayadinata, A. K., Irawati, R., & Lichteria, R. P. (2015). Ragam model pembelajaran di sekolah dasar. 2nd ed. Sumedang, Indonesia: UPI Sumedang Press.
Miles, B. (1992). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru. 1st ed. Jakarta, Indoneia: Universitas Indonesia.
Moleong, L. J. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.
Mumtahanah, F. (2018). Implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada mata pelajaran matematika di kelas v MI Ya Bakii Welahan Wetan Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap (Undergraduate thesis, IAIN Purwokerto, 2018). Retrieved from http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4170/.
Nadeak, E. H. & Hidayat, D. (2017). Karakteristik pendidikan yang menebus di suatu sekolah kristen. POLYGOT: A Journal of Language, Literature, Culture, and Education. 13(2). 87-97. Retrieved from https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/download/439.
Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) pada materi bangun datar segi empat di kelas 5 SD Negeri Inpres115495 Sisumut Kota Pinang. Jurnal Bina Gogik. 3(1). 25-34. Retrieved from https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/24.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Surabaya, Indonesia: Media Sahabat Cendekia.
Pane, M. L. (2019). Tantangan dan kesempatan integrasi Alkitab (Undergraduate thesis, Universitas Pelita Harapan, 2019). Retrieved from http://repository.uph.edu/5787/5/e%20Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf.
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta, Indonesia: Diva Press.
Purwanto, N. (2011). Ilmu pendidikan teoretis dan praktis. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.
Puspitawati, S. (2016). Pengantar interaksi belajar mengajar yang efektif. Surabaya, Indonesia: BPK Gunung Mulia.
Powers, B. P. P. (1996).Christian education hand book: A reviced and completely updated edition. USA: Broadman and Holman Publishers.
Raco, J. (2010). Metode penelitian kualitatif: Jenis, karakteristik dan keunggulannya. Jakarta, Indonesia: Grasindo.
Rianawati. (2014). Implementasi nilai-nilai karakter pada mata pelajaran. Pontianak, Indonesia: IAIN Pontianak Press.
Rusman. (2014). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta, Indonesia: Rajawali Pers.
Sairin, W. (2006). Identitas dan ciri khas pendidikan kristen di Indonesia: Antara konseptual dan operasional. 2nd ed. Jakarta, Indonesia: BPK Gunung Mulia.
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan pembelajaran: Teori dan praktek pengembangan kurikulum KTSP. Jakarta, Indonesia: Kencana.
Sanjaya, W. (2014). Strategi pembelajaran berorientasi standar proes pendidikan. Jakarta, Indonesia: Kencana Prenamedia Group.
Saragih, M. J., Hidayat, D., & Tamba, K. P. (2019). Implikasi pendidikan yang berpusat pada Kristus dalam kelas matematika (The implications of Christ-center education for mathematics classes). JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education. 2(2). 97-107. doi: https://dx.doi.org/10.19166/johme.v2i2.1695.
Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta, Indonesia: Raja Grafindo Persada.
Sarosa, S. (2012). Penelitian kualitatif dasar-dasar. Jakarta, Indonesia: Indeks.
Seymour, J. L. (2016). Memetakan pendidikan kristiani: Pendekatan-pendekatan menuju pembelajaran jemaat. Jakarta, Indonesia: BPK Gunung Mulia.
Shipton,W., Coetzee, E., & Takeuchi, R. (2013). Worlview and christian education. One Fullerton, Singapura: Partridge Singapore.
Sidjabat, B. S. (1994). Strategi pendidikan kristen: Suatu tinjauan teologis-filosofis. Yogyakarta, Indonesia: Yayasan Andi.
Sihalohol, G. T., Sitompul, H., & Appulembang, O. C. (2020). Peran guru kristen dalam meningkatkan keaktifan siswa pada proses pembelajaran matematika di sekolah kristen (The role of christian teachers in improving active learning in mathematics in a christian school). JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education. 3(2). 200-215. doi: https://dx.doi.org/10.19166/johme.v3i2.1988.
Simatupang, H. (2015). Definisi theologi praktis kristen sesuai kerabian Yesus dan payung bagi pendidikan kristiani. Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Andi.
Soekarmini. (Ed). (2016). Segalanya menjadi baru. Jakarta, Indonesia: Lembaga Alkitab Indonesia.
Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Afabeta.
Sugiyanto. (2008). Model-Model pembelajaran inovatif. Surakarta, Indonesia: Panitia.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Afabeta.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Suryosubroto. (1990). Tatalaksana kurikulum. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.
Susanti, Y., Wahjoedi, & Utaya, S. (2017). Peningkatan aktifitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 661-666. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9160/4422.
Trinto. (2009). Mendisain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta, Indonesia: Kencana Prenamedia Group.
Tarigan, M. S. (2019). Kebenaran Allah sebagai dasar pendidikan kristen (God’s truth as foundation of Christian education). JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education. 3(1). 80-95. doi: dx.doi.org/10.19166/johme.v3i1.1684.
Uluul., Degeng, I. N. S., & Widiati, U. (2016). Pelaksanaan membuka dan menutup pelajaran oleh guru kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 8 (9), 1730—1734. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/6738/2931.
Wesley, A., & Davidson, N. (1990). Cooperative learning mathematics: A handbook for teachers. California: Addison-Wesley, Inc.
Wibowo, T. G. (2016). Menjadi guru kreatif. Bekasi, Indonesia: Penerbit Media Maxima.
Widiasworo, E. (2015). 19 kiat sukses membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Yogyakarta, Indonesia: Arr-Ruzz Media.
Wijayanti, A. (2017). EfektiSekolah Dasar Kristen “X” Surabayas self assessment dan peer assessment dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Realita. 15 (2). Retrieved from https://www.jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/realita/article/download/482/311.
Yatmoko, F. D. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar matematika materi volume kubus dan balok kelas v SDK Murukan tahun pelajaran 2017/2018 (Undergraduate thesis, Universitas Sanata Dharma, 2018). Retrieved from http://repository.usd.ac.id/31392/

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Cahyaningati, L. W. R., & Yoedo, Y. C. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER KRISTEN DAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DI KELAS MATEMATIKA DI SD KRISTEN “X” SURABAYA. Aletheia Christian Educators Journal, 2(1), 36–56. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.36-56

Issue

Section

Articles