PERAN GURU KRISTEN UNTUK MENOLONG MURID SD KORBAN PERUNDUNGAN MELALUI CERITA VIDEO ANIMASI

Authors

  • Aletheia Editor
  • Tania Gunawan Sutaji
  • Yuli Christiana Yoedo

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.69-83

Keywords:

Dampak, gambar diri, peranan guru Kristen, perundungan, video animasi

Abstract

Perundungan merupakan suatu kondisi dimana terjadinya penyalahgunaan kekuatan maupun kekusasaan yang dilakukan seseorang maupun kelompok. Perilaku perundungan akan sangat berbahaya apabila tidak segera diatasi. Dampaknya dapat mempengaruhi gambar diri seseorang menjadi buruk. Ketika seseorang mengalami perundungan, harus segera dibantu untuk pemulihan gambar dirinya. Adapun informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru Kristen yang pernah menolong murid SD korban perundungan. Peranan guru Kristen sangat diperlukan untuk menolong murid SD korban perundungan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan fasilitas guru Kristen untuk menolong murid SD korban perundungan melalui cerita video animasi.

References

Andi Prastowo. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Bonafix, Dominicus Nunnun. 2008. Animasi 3D Profesional. Jakarta: PT youtubeElex Komputindo.
Brummelen, H. V. (2015). Berjalan Bersama Tuhan di dalam Kelas (ACSI Indonesia, Trans). Surabaya: ACSI.
Burden, P. (2013). Classroom management (5th ed). USA: Wiley, J. & Sons, Inc.
Dewi, P., Y., A. (2020, March). Perilaku school bullying pada siswa sekolah dasar. Diakses dari http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/526
Fleet, J., K. (1997). Menggali dan mengembangkan kekuatan tersembunyi di dalam diri. Jakarta: Mitra Utama
Hadi, S. (2017, May). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa di sekolah dasar. Diakses dari http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/849/0
Hadiwidjaja, J., X., Agung, A., & Cahyadi, J. (2017). Peracangan video edukasi kesenian jawa karawitan dalam bentuk animasi bagi anak usia 5-6 tahun. Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/5563
Harususilo, Y., E. (2020, February 29). Bullying, Nadiem: negara harus jujur dan melihat yang terjadi di sekolah. Kompas.com. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/29/15452511/bullying-nadiem-negara-harus-jujur-dan-melihat-yang-terjadi-di-sekolah?page=all
Haryatmoko. (2020). Jalan baru kepemimpinan & pendidikan jawaban atas tantangan disrupsi-inovatif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hoover, J., & Milner C.W. (1998). Are hazing and Bullying related to love and belongingness? Reclaiming children and youth.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia Online. Diakses dari https://www.kpai.go.id/berita/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai
Luhulima, D., A. (n.d). Pengembangan media video animasi untuk materi pembelajaran karakter bersaksi di sekolah minggu. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Diakses dari https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/IT/article/view/141
Malik, Aviani. (2014, Oktober, 17). Forum Indonesia: Stop Bullying. Indonesia. Metro TV.
Mirnayenti, Syahniar & Alizamar. (2015, June). Efektivitas layanan informasi menggunakan media animasi meningkatkan sikap anti bullying peserta didik. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/323466511_EFEKTIVITAS_LAYANAN_INFORMASI_MENGGUNAKAN_MEDIA_ANIMASI_MENINGKATKAN_SIKAP_ANTI_BULLYING_PESERTA_DIDIK
National Center for Education Statistic (2019). Diakses dari https://www.pacer.org/bullying/resources/stats.asp
Octavia, D., Puspita, M., & Yan, L., S. (2020, June). Fenomena perilaku bullying pada anak di tingkat Sekolah Dasar. Diakses dari http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/273
Pace, B., Lynm, C., Glass, R., M. (2001). Bullying. Diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiog9PM5ZXrAhUSfisKHW3JALAQFjAGegQIBhAB&url=http%3A%2F%2Fejournal.umm.ac.id%2Findex.php%2Fjipt%2Farticle%2FviewFile%2F5435%2Fpdf&usg=AOvVaw10Vc_iztxMHR51H4IOdRhS
Prijanto, J., H. (2017). Panggilan guru kristen sebagai wujud amanat agung yesus kristus dalam penanaman nilai alkitabiah pada era digital. Diakses dari https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/325
Rigby, K. (2003, October). Consequences of bullying in schools. Diakses dari https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/14631878/
Rosen, L., H., DeOrnelas, K., & Scott, S., R. (2017). Bullying in School. Texas: USA
Sidjabat, B., S. (2011). Membangun Pribadi Unggul. Yogyakarta: Andi.
Sitanggang, M., H. & Juantini. (2019, Januari). Citra diri menurut Kejadian 1:26 dan aplikasinya bagi pengurus pemuda remaja gpdi hebron-malang. Diakses dari https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/118/pdf
Yandri, H. (2014, Desember). Peran guru bk/konselor dalam pencegahan tindakan bullying di sekolah. Diakses dari http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/pelangi/article/view/155
Zakiyah, E., Z., Humaedi, S., & Santoso, M., B. (2017, July). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Diakses dari http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/14352

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Editor, A., Sutaji, T. G., & Yoedo, Y. C. (2021). PERAN GURU KRISTEN UNTUK MENOLONG MURID SD KORBAN PERUNDUNGAN MELALUI CERITA VIDEO ANIMASI. Aletheia Christian Educators Journal, 2(1), 69–83. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.69-83

Issue

Section

Articles