PENERAPAN METODE CERAMAH DAN TANYA JAWAB DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI SD KRISTEN DI MEDAN

Authors

  • Risma Rombe Pabesak Petra Christian University, Surabaya, Indonesia
  • Magdalena Pranata Santoso Petra Christian University, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.1-8

Keywords:

metode ceramah, metode tanya jawab, pembelajaran daring, perspektif Kristiani

Abstract

Perubahan sistem pembelajaran dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring berdampak pada pemilihan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode ceramah dan tanya jawab untuk murid kelas 1 dan kelas 2 di sebuah Sekolah Dasar Kristen di Medan. Observasi dan wawancara diterapkan untuk mengumpulkan data. Tahap analisis meliputi reduksi, penyajian, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan penggunaan metode ceramah dan tanya jawab sangat diperlukan dalam proses pembelajaran daring dengan memperhatikan tahap perkembangan murid. Kombinasi metode ceramah dan tanya jawab perlu diterapkan untuk men­ciptakan interaksi di kelas. Penerapan gerak-gerik dalam mengajar sangat efektif untuk menarik murid yang berada dalam tahap operasional konkret. Tuhan Yesus juga menggunakan kombinasi metode ceramah dan tanya jawab dalam pengajaran-Nya untuk men­ceritakan kebenaran serta berinteraksi dengan murid-Nya. Metode ceramah dengan pendekatan bercerita dapat digunakan untuk meng­integrasikan iman Kristiani agar murid memiliki karakter seperti Kristus.

Author Biography

Magdalena Pranata Santoso, Petra Christian University, Surabaya, Indonesia

SINTA ID: 6018431, GS ID: mge9TJgAAAAJ&hl=en&oi=ao

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Pabesak, R. R., & Santoso, M. P. (2023). PENERAPAN METODE CERAMAH DAN TANYA JAWAB DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI SD KRISTEN DI MEDAN. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.1-8

Issue

Section

Articles