PENERAPAN METODE CERAMAH DAN TANYA JAWAB DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI SD KRISTEN DI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.1-8Keywords:
metode ceramah, metode tanya jawab, pembelajaran daring, perspektif KristianiAbstract
Perubahan sistem pembelajaran dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring berdampak pada pemilihan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode ceramah dan tanya jawab untuk murid kelas 1 dan kelas 2 di sebuah Sekolah Dasar Kristen di Medan. Observasi dan wawancara diterapkan untuk mengumpulkan data. Tahap analisis meliputi reduksi, penyajian, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan penggunaan metode ceramah dan tanya jawab sangat diperlukan dalam proses pembelajaran daring dengan memperhatikan tahap perkembangan murid. Kombinasi metode ceramah dan tanya jawab perlu diterapkan untuk menciptakan interaksi di kelas. Penerapan gerak-gerik dalam mengajar sangat efektif untuk menarik murid yang berada dalam tahap operasional konkret. Tuhan Yesus juga menggunakan kombinasi metode ceramah dan tanya jawab dalam pengajaran-Nya untuk menceritakan kebenaran serta berinteraksi dengan murid-Nya. Metode ceramah dengan pendekatan bercerita dapat digunakan untuk mengintegrasikan iman Kristiani agar murid memiliki karakter seperti Kristus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Aletheia Christian Educators Journal (e-ISSN 2776-3714) diterbitkan oleh Universitas Kristen Petra, Indonesia.
Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Creative Commons Attribution License.