HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN KELAS 3 SD KRISTEN KALAM KUDUS TIMIKA

Authors

  • Angel Margareth Toisuta Petra Christian University, Surabaya, Indonesia
  • Romirio Torang Purba Petra Christian University, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.16-21

Keywords:

hasil belajar kognitif, minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar murid kelas 3 SD Kristen Kalam Kudus Timika Papua terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran Bahasa Mandarin. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Instrumen penelitian ini meng­gunakan kuesioner yang terdiri dari 24 butir pertanyaan dan soal tes pilihan ganda yang terdiri dari 17 butir pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran bahasa Mandarin bagi kelas 3 SD Kristen Kalam Kudus Timika, rhitung > rtabel = 0,405 > 0,187 dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000.

Author Biography

Romirio Torang Purba, Petra Christian University, Surabaya, Indonesia

SINTA ID: 5980006, GS ID: dx8BlEkAAAAJ&hl=en&oi=ao

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Toisuta, A. M., & Purba, R. T. (2023). HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN KELAS 3 SD KRISTEN KALAM KUDUS TIMIKA. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 13–18. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.16-21

Issue

Section

Articles