PERAN GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN BELAJAR UNTUK MENOLONG MURID MEMILIKI MOTIVASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.9744/aletheia.3.2.108-114Keywords:
lingkungan belajar, motivasi belajar, peran guruAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana guru berperan dalam memanfaatkan lingkungan belajar untuk menolong murid memiliki motivasi belajar di sebuah sekolah swasta Kristen di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai director of learning, pendorong, dan pemimpin Kristen dalam memanfaatkan lingkungan sosial, fisik, serta akademis. Guru sebagai tenaga pendidik berperan penting untuk menolong murid memiliki motivasi belajar melalui pemanfaatan lingkungan belajar. Sebagai pendidik Kristen, guru juga berperan penting dalam pertumbuhan rohani murid.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Aletheia Christian Educators Journal (e-ISSN 2776-3714) diterbitkan oleh Universitas Kristen Petra, Indonesia.
Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Creative Commons Attribution License.