PERAN GURU DALAM MEMBINA MINAT BACA MURID KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI KELAS SAINS
DOI:
https://doi.org/10.9744/aletheia.3.2.130-140Keywords:
Kelas Sains, minat baca, peran guruAbstract
Keberhasilan dalam belajar sangat bergatung pada minat membaca. Dalam hal ini guru berperan penting dalam proses membina anak untuk memiliki minat membaca. Selain itu, guru juga diharuskan untuk dapat mengetahui kesulitan yang dihadapi murid dalam membaca. Penulis mencoba mengangkat sebuah topik tentang membina minat baca mata pelajaran sains murid, dikarenakan apakah dengan adanya teknologi yang semakin maju ini murid masih memiliki minat dalam membaca. Hal ini juga erat dengan pelaksana kegiatan pendidikan Kristen yaitu guru, dalam hal ini dikhususkan kepada guru Kristen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membina minat baca murid kelas satu sekolah dasar pada kelas Sains. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dimana metode mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Subyek penelitian ini adalah guru kelas satu di sebuah sekolah dasar Kristen di Surabaya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa peran guru berbeda untuk masing-masing murid sesuai dengan kebutuhan murid. Peran guru yang paling dominan dilakukan adalah guru sebagai fasilitator.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Aletheia Christian Educators Journal (e-ISSN 2776-3714) diterbitkan oleh Universitas Kristen Petra, Indonesia.
Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Creative Commons Attribution License.