TANTANGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI ERA DISRUPSI DAN PERAN PENDIDIKAN ETIKA KRISTEN

Authors

  • Jonathan Leobisa Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia
  • Soleman Baun Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia
  • Yorhans S. Lopis Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia
  • Yakobus Adi Saingo Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.38-48

Keywords:

Media sosial, era disrupsi, Pendidikan Etika Kristen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan mengenai tantangan dekadensi moral melalui media sosial dan peran pendidikan etika Kristen di era disrupsi dengan menggunakan metode studi pustaka yang dianalisis dengan mendeskripsikannya secara naratif. Hasil penelitian yang dikemukakan adalah dalam tantangan penggunaan media sosial di era disrupsi di antaranya: Terjadinya dekadensi moral melalui media sosial yaitu banyak orang yang terlibat dalam penyalahgunaan media sosial sehingga terpengaruh untuk berperilaku tidak sesuai dengan nilai-nilai Kristiani seperti keterlibatan dalam postingan ungkapan tidak senonoh, keterlibatan penyebaran hoaks, pornografi. Selain itu lemahnya pembelajaran etika di era disrupsi juga disebabkan kesibukan orang tua dan dunia modern yang cenderung menganggap remeh pembelajaran etika, sehingga sangat dibutuhkan peran pendidikan etika Kristen yang dilakukan secara utuh serta berkesinambungan sehingga mampu menjadi berkat dan terang melalui penggunaan media sosial seperti membagikan membagikan renungan Firman Tuhan melalui akun pribadi ataupun kutipan-kutipan rohani, sehingga dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang memiliki perilaku etika yang sesuai dengan nilai-nilai Alkitabiah.

Author Biography

Yakobus Adi Saingo, Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia

SINTA ID: 6789502, GS ID: N2ach9QAAAAJ&hl=en&oi=ao

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Leobisa, J., Baun, S., Lopis, Y. S., & Saingo, Y. A. (2023). TANTANGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI ERA DISRUPSI DAN PERAN PENDIDIKAN ETIKA KRISTEN. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 32–40. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.38-48

Issue

Section

Articles