TINJAUAN PRAKTIK DAN MAKNA PEMBELAJARAN REMEDIAL BERDASARKAN MATIUS 20:1-16

Authors

  • Franky Boentolo Petra Christian University

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.4.2.66-76

Keywords:

kasih karunia, keadilan, menolong, pembelajaran, remedial

Abstract

Pembelajaran remedial merupakan bagian integratif dari proses pembelajaran, yang bertujuan menolong murid yang belum mencapai performa minimal yang ditentukan. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran difokuskan pada aspek akademis, padahal potensi dampak positifnya dalam diri para murid bisa jauh lebih luas. Pelaksanaan pembelajaran remedial ditinjau dengan sudut pandang pendidikan Kristen, khususnya nats Matius 20:1-16 sebagai dasar tinjauan, yang mengajarkan prinsip keadilan dan kasih karunia. Model penelitian yang digunakan adalah studi literatur, baik dalam cakupan literatur pendidikan tentang pembelajaran remedial dan pendidikan Kristen, maupun tafsiran terhadap Matius 20:1-16. Hasil penelusuran literatur menggambarkan bahwa pembelajaran remedial dapat menjadi sarana perwujudan keadilan dan kasih karunia dalam bidang pendidikan, karena pembelajaran remedial merupakan wujud kasih karunia kepada murid yang membutuhkan bantuan, sekaligus menjadi upaya pemenuhan kebutuhan setiap murid. Namun demikian, pelaksanaan remedial perlu memperhatikan dua hal: direspons proaktif oleh murid yang membutuhkan, dan tidak membebani murid tersebut dengan tambahan biaya.

Author Biography

Franky Boentolo, Petra Christian University

SINTA ID: 6866190

References

Abdillah, N. (2010). Pengajaran remedial sebuah upaya peningkatan pendidikan nonformal. Jurnal Fikroh, 4(1), 59-71.

Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar: Teori, diagnosis dan remediasinya. Rineka Cipta.

Alkitab Terjemahan Baru. (1974). Lembaga Alkitab Indonesia.

Attewell, P., Lavin, D., Domina, T., & Levey, T. (2006). New evidence on college remediation. The Journal of Higher Education, 77(5), 886-924.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia. (2016). Remedial. In KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/remedial

Berglund, C. J. (2018). Interpreting readers: The role of greco-roman education in early interpretation of new testament writings. In Wilk, F. (Ed.). Scriptural interpretation at the interface between education and religion (pp. 204-247). Brill.

Bettinger, E. P., & Long, B. T. (2009). Addressing the needs of under-prepared students in higher education: Does college remediation works? Journal of Human Resources, 44(3), 736-771.

Bettinger, E. P., Boatman, A., & Long, B. T. (2013). Student supports: Developmental Education and other academic programs. The future of children, 23(1), 93-115.

Boatman, A., & Long, B. T. (2018). Does remediation work for all students? How the effects of postsecondary remedial and development courses vary by level of academic preparation. American Educational Research Association, 40(1), 29-58.

Brothen, T., & Wambach C. A. (2012). Refocusing developmental education. Journal of Developmental Education, 36(2), 34-39.

Bryk, A. S., Gomez, L. M., Grunow, A., & LeMahieu, P. G. (2015). Learning to improve: How America’s schools can get better at getting better. Cambridge: Harvard Education Press.

Calcagno, J. C., & Long, B. T. (2008). The impact of postsecondary remediation using a regression discontinuity approach: Addressing endogenous sorting and noncompliance. National Bereau of Economic Research Working Paper, 14194.

Crelin, B. C. (2020). Workers in the vineyard: The meritocracy of God. The Journal of the Evangelical Homiletics Society, 20(2), 104-111.

Deshotel, M. (2022). Uncovering the goodness of God through the parable of the vineyard workers. Journal of Unification Studies, 23, 61-70.

Distributive Justice. (1997). In Stanford Encyclopedia of Philosophy Online. https://plato.stanford.edu/entries/justice-distributive/ (Original work published 1996)

English Standar Version Bible. (2001). Crossway. www.esv.org

Fajriyanto, M. N., Dantes, K. R., & Nugraha, I. N. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teori pengelasan shield metal arc welding (SMAW) di kelas XI TP LAS SMK Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 7(1), https://doi.org/10.23887/jjtm.v7i1.18752

Got Questions. (n.d.). What is the meaning of the Parable of the Laborers in the Vineyard?. Retrieved from https://www.gotquestions.org/parable-laborers-vineyard.html

Hsieh, T. -C., Lee, M.-C., Su, C.-Y. (2013). Designing and implementing a personalized remedial learning system for enchancing the programming learning. Educational Technology & Society, 16(4), 32-46.

Izzati, N. (2015). Pengaruh penerapan program remedial dan pengayaan melalui pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar Matematika siswa. Jurnal Mathematics Education Learning and Teaching, 4(1), 54-68.

Jacob, B. A., & Lefgren, L. (2004). Remedial education and student achievement: A regression-discontinuity analysis. Review of Economics and Statistics, 86(1), 226-244.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Kingdom of God. (n.d.). In Encyclopedia Britannica Online. https://www.britannica.com/topic/Kingdom-of-God

Kistemaker, S. (2010). The parables of Jesus. (E. S. Astuti et al., Trans.). Baker. (Originally work published 1980)

Lesmana, G. T., Wiharna, O., & Sulaeman, S. (2016). Penerapan metode pembelajaran peer teaching untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK pada kompetensi dasar menggunakan alat ukur. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 167.

Lidi, M. W. (2018). Pembelajaran remedial sebagai suatu upaya dalam mengatasi kesulitan belajar. Jurnal Foundasia, 9(1), 15-26.

Ma, C., & Schapira, M. (2017). The bell curve: Intelligence and class structure in American life. London, England: Macat Library.

Majid, A. (2008). Perencanaan remedial: Mengembangkan standar kompetensi guru. Remaja Rosdakarya.

Martorell, P., & McFarlin, I., Jr. (2011). Help or hindrance? The effects of college remediation on academic and labor market outcomes. The Review of Economics and Statistics, 93(2), 436-454.

Melton, K. L. (2008). Effects of remedial education. [Thesis, Kent State University]. Available on https://etd.ohiolink.edu/acprod/odb_etd/etd/r/1501/10?clear=10&p10_accession_num=kent1216354249

Mukhtar, & Rusmini. (2005). Pengajaran remedial: Teori dan penerapannya dalam pembelajaran. Nimas Multima.

Muslim, A. P., Jubri, M. H., & Edriati, S. (2020). Penerapan pembelajaran remedial untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Panti kabupaten Pasaman. Letters of Mathematics Education, 6(2), 65-68.

Puspitasari, D., & Laoli, L. (2023). Teaching numbers using teaching aids to improve cognitive and positive emotion in the classroom. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 5(1), 1-9.

Puspitasari, R. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa teknik dalam pengajaran remidial melalui pembelajaran tutor sebaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 10(2), 1-10.

Sama Rasa Sama Rata. (n.d.). In Infoasn Arti Peribahasa Online. https://infoasn.id/peribahasa/arti-peribahasa-sama-rasa-sama-rata.html

Santoso, M. P. (2005). Karakteristik pendidikan Kristen. Jurnal Veritas, 6(2), 291-306.

Setyawan, H. (2023). Memaknai arti sukses bagi guru. Retrieved from Kumparan. https://kumparan.com/hery-setyawan-1661084819706645813/memaknai-arti-sukses-bagi-guru-1zYEkg53zHw/full

Sugito, F. X. A. (2016). Penerepan pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan kompetensi pemeliharaan mesin otomotif kelas X TKR di SMK Siang Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(1), 57-63.

Takagi, S. (2020). The rich young man and the boundary of distributive justice: An economics reading of Matthew 20:1-16. Biblical Theology Bulletin, 50(4), 207-215.

Theology of Work Project. (n.d.). The laborers in the vineyard. In Bible Commentary. https://www.theologyofwork. org/new-testament/matthew/living-in-the-new-kingdom-matthew-18-25/the-laborers-in-the-vineyard-matthew-201-16/

Van Brummelen, H. (2009). Walking with God in the classroom (3rd ed.). Purposeful design.

Yolak, B. B., Kiziltepe, Z., & Seggie, F. N. (2019). The contribution of remedial courses on the academic and social lives of secondary school students. The Journal of Education, 199(1), 24-34.

Downloads

Published

2023-11-13

How to Cite

Boentolo, F. (2023). TINJAUAN PRAKTIK DAN MAKNA PEMBELAJARAN REMEDIAL BERDASARKAN MATIUS 20:1-16. Aletheia Christian Educators Journal, 4(2), 66–76. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.2.66-76