PENGGUNAAN FLASHCARD UNTUK MENUMBUHKAN MINAT ANAK USIA DINI DALAM MENDENGARKAN CERITA
DOI:
https://doi.org/10.9744/aletheia.4.2.47-52Keywords:
Anak Usia Dini, bercerita, flashcard, minat membacaAbstract
Usia dini merupakan masa sangat penting dalam perkembangan bahasa seseorang. Kemampuan berbahasa berpengaruh besar terhadap perkembangan kognitif, emosi, dan keterampilan sosial anak. Perkembangan bahasa anak meliputi kemampuan reseptif, kemampuan ekspresif, dan keaksaraan. Salah satu metode untuk mendukung perkembangan kemampuan reseptif adalah dengan metode bercerita. Masalah yang seringkali timbul dalam penggunaan metode bercerita adalah perhatian anak yang mudah teralihkan dan kurangnya minat untuk mendengarkan cerita. Menggunakan flashcard dalam metode bercerita dapat menarik minat anak untuk mendengarkan cerita, dan mendukung perkembangan kemampuan bahasa reseptif anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan metode bercerita dengan media flashcard dalam menumbuhkan minat anak untuk mendengarkan cerita.
References
Amalia, E. R. (2019). Meningkatkan perkembangan bahasa Anak Usia Dini dengan metode bercerita.
Bachri, B. S. (2005). Pengembangan kegiatan bercerita di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Bartan, M. (2020). The use of storytelling methods by teachers and their effects on children's understanding and attention span. Southeast Asia Early Childhood, 9(1), 75-84.
Britton, L., Rosliyani, N., Afandi, R., & Kumalasari, A. (2017). Montessori play and learn: Optimalkan potensi anak dengan permainan (untuk 2-6 tahun).
Causse, & Calavia. (2005). Qui lit petit, lit toute la vie. Albin Michel: French.
Dhieni, N. (2006). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Gonzalez, C., Morawska, A., & Haslam, D. M. (2021). A model of intention to participate in parenting interventions: The role of parent cognitions and behaviors. Behavior Therapy, 52(3), 761-773.
Handayani, V. T., Afsari, A. S., & Hasanah, F. (2018). Dongeng sebagai stimulan awal peningkatan minat baca bagi siswa PAUD Bunda Hajar Jatinangor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 755-758.
Hurlock, E., & Tumbuh, G. (2023). Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (2020) Perkembangan Anak Usia Dini (Modul 2). Available at: http://simdiklat.gtkpaud.kemendikbud.go.id.upload/modu. PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI, 63.
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan media gambar sebagai upaya dalam peningkatan konsentrasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676.
Komachali, M. E., & Khodareza, M. (2012). The effect of using vocabulary flashcards on Iranian pre-university students' vocabulary knowledge. International Education Studies, 5(3), 134-147.
Kusumawati, R. (2016). Pengembangan media flashcard tema binatang untuk anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Asem Jajar-Surabaya. Jurnal Tekpen, 4(1), 24-32.
Moeslichatoen, R. (2019). Metode pengajaran di Taman Kanak-Kanak. PT Rineka Cipta.
Nocentini, A., Fiorentini, G., Di Paola, L., & Menesini, E. (2019). Parents, family characteristics and bullying behavior: A systematic review. Aggression and Violent Behavior, 45, 41-50.
Pradana, P. H., & Gerni, F. (2019). Penerapan media pembelajaran flashcard untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25-31.
Puspitasari, D., Lim, B. V., Evelina, R., & Setia, Y. (2023). Emergent literacy activities through the storytelling method with flashcard media for early childhood education. Journal of Digital Learning and Education, 3(1), 32-39.
Qorry‘Aina, I. M. (2023, July). The role of parents in optimizing children’s language development in the golden age phase. In International Conference of Early.
Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan storytelling dalam pengembangan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134-2145.
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran orang tua dalam mengembangkan potensi anak pada masa golden age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905-4912.Childhood Education in Multiperspectives (pp. 63-73).
Riyana, C., & Susilana, R. (2009). Media pembelajaran: Hakikat, pengembangan, pemanfaatan dan penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Supriatna, A., Kuswandi, S., Ariffianto, M. A., Suryadipraja, R. P., & Taryana, T. (2022). Upaya melatih kemampuan berbicara Anak Usia Dini melalui metode bercerita. Jurnal Tahsinia, 3(1), 37-44.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.
Yamin, M., & Sanan, J. S. (2013). Panduan PAUD (cet ke 1). Ciputat: Gaung Persada Press Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Aletheia Christian Educators Journal (e-ISSN 2776-3714) diterbitkan oleh Universitas Kristen Petra, Indonesia.
Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Creative Commons Attribution License.