PERAN GURU KRISTEN DALAM MEMBANGUN KESIAPAN ANAK UNTUK BELAJAR DI SD

Authors

  • Janice Emmanuela Universitas Kristen Petra
  • Magdalena Pranata Santoso Universitas Kristen Petra
  • Neci Larichi Hudi Limu Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.55-63

Keywords:

kemandirian, kesiapan masuk SD, peran guru, guru Kristen

Abstract

Masa transisi dari taman kanak-kanak (TK) ke sekolah dasar (SD), khususnya kelas 1 SD, merupakan fase yang penting dalam dunia pendidikan. Murid TK dapat dikatakan siap untuk masuk SD ketika memiliki perkembangan fisik, kognitif, sosial-emosional dan kemandirian yang baik. Dengan demikian, diperlukan peran guru untuk mempersiapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Kristen dalam mempersiapkan murid TK memasuki SD. Pada penelitian ini peneliti membahas teori peran guru Kristen, dan kesiapan bersekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualititatif deskriptif. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dalam bentuk observasi, wawancara terhadap guru kelas K-2 dan telaah dokumen penilaian murid. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peran guru Kristen sebagai gembala, fasilitator dan teladan dalam mempersiapkan murid TK memasuki SD.

References

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Andrianti, S. (2018). Peran guru PAK sebagai fasilitator dalam pelaksanaan pembelajaran literasi. Jurnal Fidei, 1(2), 235–249.

Damayanti, A. K., & Rachmawati, R. (2019). Kesiapan anak masuk sekolah dasar ditinjau dari tingkat intelegensi dan jenis kelamin. Psikovidya, 23(1), 108–137.

Deliviana, E. (2017). Mempersiapkan anak masuk sekolah dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(2), 119–133. https://doi.org/10.51212/jdp.v10i2.611

Debora, K., & Han, C. (2020). Pentingnya peranan guru Kristen dalam membentuk karakter siswa dalam pendidikan Kristen: Sebuah kajian etika Kristen [The significance of the role of christian teachers in building students’ character in christian education: A study of Christian ethics]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), 1–14. http://dx.doi.org/10.19166/dil.v2i1.2212

Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (n.d.). Profil Pelajar Pancasila. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Dupe, R. Z., & Tangkin, W. P. (2021). Peran guru Kristen dalam perkembangan anak sekolah dasar. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(1).

Douglas, D. J. (1999). Ensiklopedia Alkitab Masa Kini (Jilid 1) (5th ed.). Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Emzir, M., & Pd, M. (2018). Metodologi penelitian kualitatif analisis data. Raja Grafindo.

Ermindyawati, L. (2019). Peranan guru Pendidikan Agama Kristen terhadap perilaku siswa-siswi. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, ISSN, 2621-8151.

Faqumala, D. A., & Pranoto, Y. K. S. (2020). Kesiapan anak masuk sekolah dasar. Penerbit NEM.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., & Ambarwati, K. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Get Press.

Gaungu, Y. R. M. (2022). Peran guru Kristen dalam menolong murid belajar di kelas pada kelas 2 sekolah dasar di Lubuklinggau. Aletheia Christian Educators Journal, 3(2), 96–107. https://doi.org/10.9744/aletheia.3.2.96-107

Hurlock, E. (1989). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. (5th ed.). (Istiwidayanti & Soedjarwo, Trans.). Erlangga. (Original work published 1980).

Kala’Padang, A., & Weismann, I. T. J. (2019). Pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Kristen terhadap pembentukan karakter siswa di SMP PGRI Marinding kelas II. Repository Skripsi Online, 1(3), 143–149.

Lase, R. K., & Tangkin. W. P. Peran guru Kristen sebagai fasilitator dalam upaya pembentukan keaktifan belajar siswa. Kharismata: Jurnal Teologi Pantekosta, 5(1), 39–51. https://doi.org/10.47167/kharis.v5i1.160

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214–1223.

Pardede, R. T., Marpaung, R., Laoli, R. Y., Naibaho, R., & Naibaho, D. (2023). Peran guru Pendidikan Agama Kristen sebagai teladan dalam membentuk karakter siswa yang unggul dan memiliki spiritualitas Kristen. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 11221-11230.

Puspitawati, S. (2016). Pengantar interaksi belajar mengajar yang efektif. BPK Gunung Mulia.

Priyono, F. H., Rahmawati, A., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Kemampuan berpikir simbolik pada anak usia 5-6 tahun. Kumara Cendekia, 9(4), 212–217. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.53280

Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2022). Kritik terhadap teori perkembangan kognitif Piaget pada tahap anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1).

Rahmawati, A., Tairas, M. M. W., & Nawangsari, N. A. F. (2018). Profil kesiapan sekolah anak memasuki sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 201–210. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.01

Reza, M., & Asbari, M. (2024). Transisi PAUD ke SD: Solusi pendidikan menyenangkan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(3), 7–10. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i3.980

Santoso, M. P. (2009). Becoming Christ-like Teacher. [Class Handout]. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Petra.

Sianipar, H. M., & Irawati, W. (2022). Peran guru sebagai teladan dalam upaya pembentukan karakter Siswa berdasarkan kajian filsafat aksiologi Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 58. https://doi.org/ 10.46445/djce.v3i1.483

Susanti, E. (2022). Kematangan siswa berdasarkan Nijmeegse Schoolbeekwaamheids Test (NST). Jurnal Ilmiah Zona Psikologi, 5(1).

Syahidah, B. D., Lubis, F. Y., Abidin, F. A., Abidin, Z., & Cahyadi, S. (2021). Anak siap sekolah: Persepsi orang tua terhadap kesiapan anak masuk ke sekolah dasar. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i1.1247

Saifuddin, M. A. (2014). Pengelolaan pembelajaran teoretis dan praktis. Deepublish.

Rahmawati, A., Tairas, M. M. W., & Nawangsari, N. A. F. (2018). Profil kesiapan sekolah anak memasuki sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 201–210. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.01

Usmany, J. (2018). Spiritualitas guru pendidikan agama Kristen dalam teori perkembangan kepercayaan Fowler dan teori perkembangan moral Kohlberg: Penafsiran perspektif Al-Kitab. Didaktikos: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan, 1(2), 100–105.

Wahyuni, S. (2022). Peran guru TK dalam mempersiapkan anak usia dini memasuki sekolah dasar Di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo. (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). https://etheses.iainponorogo.ac.id/22216/

Wahyuni, S. (2023). Peran fundamental guru Pendidikan Agama Kristen sebagai gembala dan pemimpin rohani bagi peserta didik. Jurnal Excelsior Pendidikan, 4(1), 12–25. https://doi.org/10.51730/jep.v4i1.37

Zuchron, D. (2021). Tunas Pancasila. Direktorat Sekolah Dasar; Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Emmanuela, J., Santoso, M. P., & Limu, N. L. H. (2024). PERAN GURU KRISTEN DALAM MEMBANGUN KESIAPAN ANAK UNTUK BELAJAR DI SD. Aletheia Christian Educators Journal, 5(2), 55–63. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.55-63